bakpao

sudah lamaaa banget ga buat cemilan.. kayaknya sejak hamil deh😀
dan semalem dirikuh menyempatkan diri buat bakpao, meski bodi semriwing kena flu.. rasanya?? kulit bakpao udah enak, cuman isinya harus lebih empuk lagi. mungkin lain kali merendam kacang hijau kupasnya dengan air panas aja..

resep BAKPAO ala pak Sahak

Bahan Kulit:
250 gr tepung hongkong
250 gr tepung terigu segitiga
50 gr gula halus (nina pake gula pasir aja)
1 bks ragi instant
1 sdt baking powder
1/2 sdt garam
250 ml air es
50 gr mentega putih

Note: kalo gak ada tepung hongkong, kedua tepung itu bisa diganti 500gr tepung cakra (protein tinggi yg biasa digunakan utk roti/donut)

Bahan Isi Daging :
2 siung bawang putih
1/2 siung bawang bombay
100 gr daging giling (boleh sapi atau ayam)
1 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
lada, garam, gula secukupnya

Bahan Isi Kacang Hijau :
100 gr kacang hijau kupas direndam 1 jam
75 gr gula pasir
100 ml santan kental
1 lembar daun pandan dirobek-robek
1 sdt garam

Cara membuat kulit:
* Campur semua bahan kering
* Masukan air es sambil di uleni
* Masukkan mentega putih dan uleni terus sampai kalis (tidak lengket ditangan)
* Ambil sejumput adonan, pipihkan dan isi dengan isi sesuai selera
* Bentuk adonan, taruh dikerta roti yang sudah dipotong-potong
* Kukus selama 10 menit

Cara membuat isi daging:

* Tumis bawang uptih dan bawang bombay sampai harum
* Masukan daging giling, aduk rata
* Masukan kecap manis + asin, gula, garam, lada
* Aduk rata sampai daging empuk…angkat dan dinginkan

Cara membuat isi kacang hijau:

* Campur semua bahan dalam wajan anti lengket
* Taruh diatas api, aduk terus sampai kalis
* Angkat dan dinginkan

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s