Muffin Jagung Ayam Keju

minggu lalu bunda ga enak body, iseng2 di rumah buat muffin buat cemalcemil. muffin ini imho termasuk muffin sehat, secara isinya ayam, keju, jagung, seledri. mantraps.. rasanya lumayan sih.. makan 1 biji aja kenyang..tapi aku ga begitu suka aromanya.. eneg bo’ berasa bau tepung dan teluršŸ˜€

Muffin Jagung Ayam Keju
by: bu Siska Suwitomo.
Jadinya sekitar 12 buah.

Bahan:

  • 125 gram margarin
  • 50 ml susu cair
  • 2 butir telur
  • 50 gram gula pasir
  • 200 gram tepung terigu
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1 sdt baking powder
  • 200 gram jagung manis pipilan, direbus (aku pakai 1 buah jagung, aku serut, rebus, kurleb dapat 170 gr )
  • 3 lembar ayam asap, iris (aku pakai ayam, rebus suwir2,, kira2 100gr)
  • 1 sdt cabai bubuk (aku gak pake)
  • 1 sdm seledri/peterseli cincang (aku 2 batang seledri)
  • 50 gr keju cheddar parut

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven dengan suhu 200 derajatĀ  Celcius, siapkan loyang muffin dan beri kertas cup (aku pakai 2 loyang yang isi 6).
  2. Lelehkan margarin + susu cair, jangan sampe mendidih. Kalo udah cukup panas, walopun belom leleh semua matikan api, nanti yang belum leleh akan leleh sendiri kok.
  3. Kocok telur dan gula sampe gulanya hancur/larut, aku pake kocokan tangan aja, gak usah mixer.
  4. Masukkan terigu yang sudah dicampur baking powder dan soda kue, aduk pake spatula.
  5. Masukkan margarin leleh tadi, aduk. Tambahkan jagung, ayam dan keju (kejunya sisain dikit buat taburan). Aduk rata.
  • Tuang ke loyang sampai hampir penuh (karna ngembangnya cuma sedikit), taburi sisa keju parut, panggang kurleb 20-25 menit sampe mateng.
  • Tagged: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

    3 thoughts on “Muffin Jagung Ayam Keju

    1. tyke November 12, 2009 at 4:35 am Reply

      wow aku mau coba bikin ahhh…šŸ˜€

    2. Domba Garut! November 25, 2009 at 8:32 pm Reply

      Wah itu foto si muffinnya bikin ngiler.. ta coba resepnya, yah?

      Salam hangat dari afrika barat!

    Leave a Reply

    